Friday, September 16, 2011

Resep Masakan Korea - 비빔밥 (Bibimbab/Nasi Campur)


Kalau ditanya makanan Korea apa yang kamu ketahui, Bibimbab pasti jadi salah satu Top Five jawaban (menurut aku lho ^^). Saking terkenalnya Bibimbab sampai-sampai dibuat satu pertunjukkan untuk promosi makanan Korea bergaya ala pertunjukan Nanta, namanya BIBAP. Belum tahu apa itu Nanta? Belum tahu apa itu Bibap? Kapan-kapan deh aku cerita ya...(sabar...sabar...^^).

Bibimbab ini sebenarnya sederhana saja, nasi dan sayur-mayur, plus daging sapi atau jamur atau telur atau octopus. Tapi begitu diaduk bersama bumbunya, rasanya ruarrrrr biasaaaaaaaa...!

비빔밥 (Bibimbab/Nasi Campur)
Bahan:
3 gelas beras
3 1/2 gelas air
150g daging
100g gosari
2bh mentimun
100g wortel
6bh jamur
2bh telur
15gr tauge

Bumbu jamur: 2sdm kecap asin, 1sdm gula putih, 1sdm irisan daun bawang, 1/2 sdm bawang putih yang dihaluskan, 1/2 sdm minyak wijen, sedikit garam, bubuhkan merica
Bumbu cabe merah halus: 3sdm cabe merah halus, 1/2 sdm gula, 1 sdm madu, 30g daging sapi, 3 sdm air
Bumbu daging: 1sdt kecap asin, 1/2 sdt gula putih, 1sdt irisan daun bawang, sedikit merica, 1/3 sdt bwang putih halus
Bumbu dasar: 1 gelas air, 5 sdm gula putih, 5 sdm cuka, 1 sdt garam

Cara membuatnya:
  1. Nasi dimasak hingga lunak
  2. Gosari diberi "bumbu dasar" kurang lebih 1/3, kemudian tumis dengan minyak goreng dan aduk hingga rata.
  3. Tauge buang bagian ujung atas dan bawah kemudian dikukus dengan air yang diberi garam lalu remas-remas halus dengan minyak wijen.
  4. Daging sapi diiris sedikit memanjang tipis dan diberi "bumbu daging" sekitar 1/3 kemudian ditumis dengan sedikit minyak goreng.
  5. Persiapkan mentimun yang dikupas melingkar kemudian diiris tipis sepanjang 5cm, begitu juga dengan wortel yang telah diiris sama seperti mentimun kemudian bumbukan dengan meremas-remas halus.
  6. Jamur direbus dengan air hangat dan tiriskan lalu peras hingga tidak ada air yang menetes dan diberi "bumbu jamur" sekitar 1/3 kemudian tumis sebentar dengan minyak goreng.
  7. Telur dadar bulat dan iris tipis sepanjang 5cm.
  8. Taruhlah nasi di mangkok kemudian bahan-bahan yang telah dibuat letakkan diatas nasi seperti mentimun, wortel, jamur, telur, daging sapi yang telah ditumis, dan variasikanlah dengan warna-warna sayuran yang ada.
Membuat sambal/saos cabe merah halus
  1. Daging sapi yang diiris agak tipis dan telah diberi bumbu, tumis di wajan penggorengan kecil.
  2. "Bumbu cabe merah halus", gula ,minyak wijen, air, dicampur dengan daging sapi yang telah ditumis kemudian aduk rata.

No comments:

Post a Comment