Monday, September 19, 2011

Resep Masakan Korea - 김밥 (Kimbab/Nasi Gulung)

Kimbab plus side dishes & sup.
Sebenarnya sudah beberapa kali membuat Kimbab sendiri dan rasanya enak...(beneran lho...customer-ku puas dengan hasilnya, hehehe). Tapi sayang sekali karena waktu itu kamera ga ada, dan hanya kamera dari cellphone yang kurang bagus hasilnya, ga sreg ah kalau fotonya dipasang disini...ntar kapan2 deh kalau buat lagi.

Kalau beli kimbab dibawa pulang alias dibungkus, kita cuma dapat kimbabnya saja, tanpa side dishes & sup (disini side dishes-nya boleh nambah lho kalau mau lagi, gratis). Jadi kalau sedang ada waktu dan memang lagi lapar, lebih enak makan saja langsung di warung kimbab ^^.


Membuatnya gampang, bahan2 juga mudah disiapkan kok. Kalau pun ada bahan yang tidak tersedia, kreatiflah buat dengan bahan yang ada (memang bakal jadinya kimbab ala kita ^^). Misalnya, waktu tidak ada ham/sosis/daging sapi, aku pernah isi kimbab dengan abon sapi atau teri kecil atau keju.

김밥 (Kimbab/Nasi Gulung)
Bahan:
360g (2gelas beras)
500g air
6g (4lbr) kim/rumput laut kering
70g asinan lobak
120g (2bh) telur
80g (1/2 buah) mentimun
80gr daging sapi yang telah dibumbui
Bumbu Nasi:
13g (1sdm) minyak wijen
4g (1sdt) garam
Bumbu daging sapi:
2sdt kecap asin
1/2 sdt gula
1/2 sdt irisan daun bawang
1 sdt garam
1/2 sdt minyak wijen

Cara membuatnya:
  1. Cuci beras dengan bersih kemudian rendam terlebih dahulu beras yang telah dicuci sekitar 30menit, lalu masaklah dengan panci nasi, sekitar 10 menit setelah matang dan tidak ada lagi air yang menetes, ambil nasi yang telah mengempuk kemudian berilah bumbu nasi tersebut.
  2. Mentimun dan wortel setelah dicuci bersih irislah dengan memanjang dan tipis, kemudian tirislah hingga air tidak menetes.
  3. Asinan lobak diiris panjang 20cm, tebal 0.7cm.
  4. Daging sapi cincang setelah dibersihkan hingga tidak ada darah yang menetes, letakkan di mangkok bersama bumbunya setelah diaduk rata kemudian ditumis.
  5. Telur beri sedikit garam dan didadar sekitar tebal 1cm, depan belakang panjang sekitar 20cm, diiris dengan lebar 1cm.
  6. Kim (rumput laut) depan belakang dibakar sebentar, lalu kim tsb ditaruh diatas penggulung. Letakkan diatasnya (150g) nasi, setelah dipapar merata tengahnya taruhlah irisan wortel, ketimun, asinan lobak, daging sapi cincang, dan telur kemudian gulung bersama-sama sekitar 3-4 putaran lalu iris sekitar lebar 1,5 cm.
http://www.smkf.com/

PS: di resep ini tertulis rumput laut dibakar dulu, tapi di supermarket banyak rumput laut yang ready untuk buat kimbab, jadi tidak perlu dibakar lagi.

No comments:

Post a Comment