Wednesday, August 31, 2011

Resep Masakan Korea - 삼계탕 (Samgyetang/Ayam Ginseng)

I found 2010 Calendar and wanted to throw it out because I didn't need it anymore but my eyes caught the Korean Food recipe written in Indonesian. I thought that it would be great to write it down here not only for me to learn how to make it someday but also could be useful for everyone craving for the savoury of Korean Food.

The recipe will be written in Indonesia, though. Anyway, you can always use Google Translate button provided in my blog page to translate it to your language.

Musim panas, orang-orang Korea suka sekali makan Samgyetang, terutama di tiga hari terpanas (Sambok) selama musim panas (dibagi menjadi 3: chobok, jungbok, dan malbok). Samgyetang ini kaya akan nutrisi dan sangat berguna untuk kesehatan dan kebugaran tubuh. Rasanya....yummy yummy yummy!



Samgyetang ini bahan utamanya adalah ayam. Hampir mirip dengan ayam tim (ayam kuah), tapi bumbunya yang berbeda plus ada nasi ketan yang dimasukkan ke dalam ayam. Rasa ginsengnya juga terasa sekali. Bahkan minuman pendampingnya pun wine dari ginseng.

San sejak kecil paling tidak suka makanan dari ayam, terutama ayam yang tidak digoreng. Sebut deh...ayam kukus, ayam kuah, ayam tim dll...Ayam goreng sih masih bisa makan, tapi bukan favorit.

Ban Samgyetang di kantin kampus, harganya terjangkau, cuma 3000won,
tapi cuma separuh porsi dari ukuran normal, dan rasanya kurang kaya (tanpa ginseng).

Sebelum makan samgyetang, aku sudah jelaskan ke dia, ini makanan yang bagaimana. Dari awal sudah ilfil duluan deh...Tapi karena waktu itu aku kepingin banget, terpaksa deh dia ngikut hehehe...Porsinya cukup besar lho. Karena ini satu porsi ayam utuh untuk satu orang. Jadi harganya juga agak mahal dari makanan biasanya. 1 porsi samgyetang bisa berkisar antara 9000-15000 won.

Dan ternyata saudara-saudara...ini yang San bilang "Mau aku makan samgyetang lagi. Makanan ini sehat banget rasanya...enak..."

Samgyetang, waktu dinner the 5th WSK Camp di Suweon.
Makan tanpa nasi, karena porsinya cukup besar. Harga 15000 won.

Hohoho...ayuk...kapan makan samgyetang lagi...mau summer atau winter, makan samgyetang tetap menyenangkan....^^

삼계탕 (Samgyetang/Ayam Rebus)
Bahan:
1 ekor ayam
0.5 gelas beras
Bahan-bahan campuran:
4 siung kurma
3 siung bawang putih
1 buah ginseng
3 siung bam/walnut
garam
merica

Cara membuatnya:
  1. 1 ekor ayam belah bagian dada dan buanglah seluruh isinya kemudian cuci bersih sampai tidak ada darah yang tersisa kemudian tiriskan.
  2. Lalu siapkan beras.
  3. Cucilah ginseng, lalu kupas bersih bam/walnut, begitu juga cuci dengan bersih kurma.
  4. Ayam yang telah dibelah, masukkan di dalamnya beras, ginseng, bam, bawang putih, kurma, kemudian tutuplah dengan tusukan kayu agar tidak terbuka.
  5. Letakkan ayam yang telah diisi, di dalam panci masak, lalu rebus hingga mendidih, setelah mendidih kurangi besarnya api dan terus rebus hingga lama sampai air kuah menjadi berwarna putih.
  6. Setelah matang bukalah tusukan atau benang yang digunakan sebagai penutup dan letakkan dalam mangkok kemudian beri sedikit garam dan merica, lalu hidangkan.

4 comments:

  1. Dit, aku suka banget makanan Korea terutama sing merah2 pedes & sing di pot2. Mau mbuat sendiri tapi kok kayake ribet banget.
    Samgyetang tu kayak ayam obat ya. Kl sampe empuk semua masak'e pasti lama ya kl ndak punya panci presto. Nti nek dah winter mo nyoba ah.

    ReplyDelete
  2. Ce Mod, maksudnya merah2 pedes di pot itu Kimchi ta? hari ini aku ada posting tentang Kimchi, betul itu yg dimaksud? Aku ada resepnya buat kimchi, rada repot sih karena bumbunya banyak. Tunggu ya, ntar kapan kubuat dulu postingnya. Tingkat empuknya itu bervariasi sih, yg aku beli di kantin itu ga sampai empuk banget, biasa aja. Tapi yg mahal, tulangnya sampai remuk juga kayak dipresto.

    ReplyDelete
  3. Bukan cuma kimchi, Dit. Di resto Korea kan banyak makanan yang merah2 gitu pedes2. Trus ditarunhya di mangkok berat yang warnanya gelap kadang mangkoknya puanas, kayaknya dibakar dulu ya. Kayak hotpot gitu.

    ReplyDelete
  4. Itu makanannya berkuah ya? Rata2 makanan Korea memang pedes ce, trus ditaruh di mangkok yang panas. Isinya bisa macam2, ada yg sup tahu, ada yang sup kimchi, atau ada yg isinya seafood.

    ReplyDelete