Wednesday, December 7, 2011

[Korea] Busan Media Center - 시청미디어센터


Suatu hari Prof membawa beberapa murid pergi ke suatu tempat untuk acara seminar Artist Residence. Tempat seminar itu adalah gedung Busan Media Center di daerah Haeundae. Baru pertama kali ini pergi berkunjung kemari. 

Ternyata tempat ini sangat luas dan menyediakan banyak sekali fasilitas bagi siapa saja yang ingin belajar tentang broadcasting, video dan pembuatan film. 

Gedungnya terdiri dari 4 lantai dan basement. Lobbynya luas dan terang sekali. Pertama kali masuk ke lobby, ada seorang kakek yang sudah berumur kira-kira lebih dari 60 tahun sedang membawa handycam kecil dan kelihatan serius mengambil video di lobby itu. Prof mengatakan bahwa dia sedang belajar cara membuat sebuah video, salah satu proyek dari Busan Media Center.

Lobby

Tempat Praktek

Lalu kami masuk ke tempat praktek, dimana pengunjung bisa merasakan sendiri bagaimana suatu acara di televisi direkam atau disiarkan. Di foto diatas, yang ada gambar 4 monitor TV itu, ditayangkan rekaman-rekaman para pengunjung yang berlatih menjadi penyiar berita. Anak-anak sampai orang tua bisa mencobanya. 

3D Studio

Di 3D studio ini, pengunjung bisa mencoba kacamata 3D dan membandingkannya dengan jika tidak memakai kacamata 3D. Di sebelah 3D studio ini adalah tempat studio berita. 


Kalau lihat di gambar di atas, lengkap kan, ada tempat duduk pembaca berita, layar TV untuk melihat hasil rekamannya, dan juga kameranya. Pengunjung bisa duduk di tempat pembaca berita dan melihat dirinya sendiri di layar TV. 


Tidak hanya itu, di setiap lantai disediakan tempat duduk yang santai untuk berdiskusi atau berbincang dengan rekan-rekan. Yang menarik, di depan lift, tempat duduknya dibuat seperti kursi theater, yang bisa dilipat naik jika tidak digunakan. 


Koridor-koridor pun dihias dengan gambar-gambar yang menarik seputar radio, televisi dan kamera. Penanda-penanda dan informasi ruang pun didesain dengan unik. Warna-warnanya pun dipilih warna-warna yang cerah. Lihat saja dinding di area masuk toilet. Menarik bukan.



Paling suka dengan toiletnya, meskipun untuk tempat publik, desain toilet tetap dibuat menarik, dan bersih sekali.



Siapa saja yang tinggal si Busan harus memanfaatkan fasilitas ini. Di sini kita bisa memminjam alat-alat untuk belajar tentang media. Ada kelas-kelas yang mengajarkan bagaimana cara menggunakan dan membuat film atau video. Ada ruang-ruang untuk editing. Ada ruang untuk melihat hasil film atau video karya-karya tersebut. Yang tidak kalah menarik, di gedung ini tersedia nursery room dan ruang untuk Ibu yang menyusui! Kagum deh saya, ckckck...Salut.

No comments:

Post a Comment